Thursday, September 19, 2013

Cara akses masuk konfigurasi RouterOS

Setiap router, konfigurasi default dari awal dapat diakses melalu IP Address 192.168.88.1 di port ethr1. Untuk default username adalah user, dengan password kosong<empty>. Untuk masuk akses ke router, dapat menggunakan langkah-langkah berikut ini:

Akses menggunakan WinBox
Winbox adalah utiliti untuk konfigurasi MikroTik yang dihubungkan melalu MAC atau IP protocol. Winbox dapat didownload di website http://demo2.mt.lv/winbox
Winbox merupakan program exe Windows, untuk platform Linux / Mac OS dapat menjalankan Winbox menggunakan Wine. Langkah-langkah koneksi Winbox dengan Router MikroTik.
  • Jalankan Winbox, pastikan Winbox terhubung dengan satu jaringan Router MikroTik. Winbox neighbor discovery akan menemukan (discover) semua router yang ada di broadcast network. Jika router yang akan akses terdapat di list Winbox, connect ke router dengan pilih router Mac Address dan tekan tombol connect.
  • Winbox akan mencoba untuk download router plugin, jika winbox pertama kali melakukan koneksi dengan router sesuai dengan versinya. Kurang lebih membutuhkan waktu 1 menit untuk download semua plugni router jika winbox dihubungkan dengan MAC protocol. [pic winbox]
   
  • jika windox tidak menemukan satupun router di winbox list, pastikan komputer anda langsung terhubung ke router dengan koneksi kabel Ethernet, atau paling tidak terhubung dalam satu Switch. MAC address bekerja di Layer 2, sehingga memungkinkan koneksi winbox dan router tanpa konfigurasi IP address. Konfigurasi Winbox dengan MAC connection diharapkan hanya untuk konfigurasi awal, tidak disarankan demi faktor keamanan.



Akses menggunakan Web Based GUI (Webfig)
Untuk akses Webfig, proses koneksi hampir sama dengan Winbox. Default alamat IP address RouterOS dapat diakses melalui web browser. Webfig memiliki fungsi konfigurasi yang sama dengan Winbox. Untuk konfigurasi Winfig membutuhkan IP address, untuk itu antara RouterOS dan komputer User diperlukan pada satu jaringan.

Akses melalui Command Line Interface (CLI)
Command Line Interface (CLI) dapat mengkonfigurasi seting router menggunakan perintah text. Ada beberapa cara untuk mengakses router MikroTik menggunakan CLI, diantaranya sebagai berikut:
  1. winbox terminal
  2. telnet
  3. ssh
  4. serial kable
  5. Monitor dan Keyboard

No comments:

Post a Comment