Thursday, September 19, 2013

Mengenal Mikrotik

MIKROTIK

Apa itu Mikrotik
Mikrotik Router OS atau yang sering dikenal sebagai Mikrotik merupakan sebuah sistem operasi yang memiliki kelebihan khusus dan didesain sebagai router. Mikrotik merupakan turunan dari Linux. Mikrotik memiliki berbagai macam fitur untuk mendukung jaringan komputer, sepert firewall, pengaturan lalu-lintas data, QoS, access point wireless, VPN dll.

Mikrotik dapat diinstal di perangkat komputer (PC) yang kemudian komputer tersebut khusus menjadi Router. Ada bentuk lain dari Mikrotik yang dibuat sekaligus dengan perangkat keras tersendiri berupa Router dan disebut RouterBOARD.

Mikrotik memiliki kemampuan untuk membuat hotspot dengan terintegrasinya sistem captive-portal. Mikrotik menggunakan lisensi dengan model tingkatan (level), setiap level memiliki kemampuan atau fiture yang berbeda-beda.

Untuk mengakses Mikrotik dapat menggunakan WinBox yang merupakan aplikasi yang berjalan di platform windows. WinBox dapat memberikan tampilan GUI untuk konfigurasi dan monitoring Mikrotik Router. Selain menggunakan WinBox, Mikrotik juga dapat diakses menggunakan ftp, console, dan secure shell (SSH).

Mikrotik berasal dan dikembangkan di negara Latvia,  kurang lebih pada tahun 1995. Mikrotik dikenal sebagai penyedia perangkat jaringan komputer yang terjangkau. Mikrotik berfokus untuk mengembangkan produk perangkat jaringan komputer wireless dan Router.

MikroTik mendukung banyak aplikasi yang digunakan oleh ISP, seperti contohnya OSPF, BGP, MPLS. MikroTik berkembang dengan dukungan melalui forum dan wiki yang menyediakan contoh-contoh konfigurasi. Mikrotik juga mendukung Internet Protocol Version 4 (IPv4) dan IPv6.

Versi-versi MikroTik RouterOS:
v6 - Mei 2013
v5 - Maret 2010
v4 - Oktober 2009
v3 - Januari 2008

No comments:

Post a Comment